Kamis, 01 Maret 2012

Perangkat Keras untuk Mengakses Intranet/internet

A. Cara Mengakses Internet     

          1.   Akses Internet dengan Cara Dial-Up 

                  Dial-Up adalah mengakses internet menggunakan panggilan pada jalur telepon. Jaringan telepon digunakan untuk menghubungkan komputer dan internet. Jika mengunakan dial-up, jalur telepon hanya akan berfungsi sebagai jalur internet. Artinya, jalur telepon yang Anda gunakan untuk mengakses internet tidak data digunakan utnuk menerima atau melakukan panggilan pada sat yang sama. Salah satu perangkat keras yang digunakan yaitu modem dial-up.
                  Saat menggunakan metode dial-up untuk mengakses internet, Anda harus melakukan beberapa langkah. Langkah tersebut tersebut antara lain melakukan panggilan (dial) kr suatu nomor. Langkah tersebut diikuti dengan memasukkan password (kata sandi). koneksi atau akses internet dapat diputus menggunakan perintah disconnect.
            

            
              2.   Akses Internet dengan Cara Leased Line 
                   Leased line adalah jalur telepon yang dikhususkan untuk jalur internet. Cara ini digolongkan sebagai hubungan yang tetap karena Anda dapat terhubung ke ISP yang memberikan akses internet selama 24 jam sehari.
                   Berbeda dengan cara dial-up, dengan leased line Anda tidak perlu memanggil (melakukan dial) nomor telepon setiap kali ingin terhubung ke internet. selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan dengan internet.
                


            3.   Akses Internet dengan Jaringan Tanpa Kabel  (wireless)
              
                  Umumnya, teknologi nirkabel menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data dan informasi. Gelombang yang umumnya digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.


             4.    Akses Internet dengan Telepon Seluler

                      Internet dapat Anda  akses langsung menggunakan telepon seluler. Artinya, halaman situs atau website dapat Anda amati pada layar telepon seluler. Beberapa jenis telepon juga dapat sebagai modem. Sebagai modem, telepon seluler dihubungkan dengan layar komputer. Sebagai modem, telepon seluler berfungsi untuk memancarkan sinyal. Sinyal tersebut akan diterima oleh perangkat gateway yang dimiliki oleh ISP. Dalam hal ini operator seluler berperan sebagai ISP. Perangkat gateway tersebut berfungsi untuk memjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.

                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar